Kategori

Newsletter

TIPS BERBELANJA ONLINE UNTUK PEMULA

0 Comment
2014-03-06 14:09:14
 

Bagi anda yang masih awam tentang tata cara berbelanja online di internet, artikel dari teman saya berikut ini mungkin akan sedikit membuka pandangan anda tentang sistem belanja online dan membantu anda dalam proses order barang / produk yang anda inginkan , agar tidak terjadi kesalahpahaman antara anda sebagai pembeli dengan pemilik toko online sebagai penjual. Artikel yang berjudul “Tips Belanja Online For Dummies” ini sangat cocok dibaca untuk anda yang baru pertama kali bertransaksi online.

Tips Belanja Online For Dummies

Gambar Tips Berbelanja Online Untuk PemulaBanyak tips belanja online ditulis yang agak menyudutkan para seller, mudah-mudahan note ku ini bisa membuka cara pandang yang berbeda, base on kebiasaanku belanja online dan menjadi penjual online.

Dapat dimaklumi kalau pertama kali belanja online pasti khawatir barang ngga sampai ke alamat sehabis transfer uang, maka daripada terlihat bodoh dengan komen atau sms atau telepon si seller menanyakan “nanti kalau saya transfer uang barangnya ga dikirim gimana? “, ada baiknya diperhatikan hal-hal seperti ini :

Jika seller berjualan di Fanpage Facebook, lihat dulu apakah ada komplain di komen2 pagenya tentang barang tidak dikirim, apakah si seller rajin jawabin komen.

kalau tidak sering jawab komen ada dua kemungkinan : si seller punya toko fisik/offline jadi kegiatan onlinenya hanya untuk upload gambar produk terbaru untuk reseller atau customer yang di target dari online, viralisasi dan sedikit agak sosialiasi ngikutin jaman punya Fanpage, yang kedua memang cuma fake aja, nemu-nemu gambar trus di upload pura-pura jualan.

Kalau ngga sering jawab, bisa jadi juga seller sudah mumet sama pertanyaan yang itu-itu aja, “cara pesannya gimana ?” .. pasti ada lah disetiap deskripsi gambar atau bagian atas fanpagenya gimana cara ordernya, nomer telepon utk SMS order, dll. Jadi hemat tenaga dikit untuk nanya yang penting aja, misalnya “ukuran ini ready ga? warnanya apa aja? ongkir ke kota A berapa ? harganya berapa ? (kalau ngga ada keterangan harga)” .. gitu biar keliatan udah sering belanja online.

Jika seller berjualan di Fanpage Facebook, apakah banyak gambar jualannya yang terbaru di fanpage-nya, kalau tidak ada gambar-gambar baru berbulan-bulan berarti tidak ada kehidupan disana.

Kalau seller berjualan di website, lihat ada kontak yang bisa dihubungi, YM, pin BB, Whatsapp atau email, kalau tidak ada respon berarti sudah almarhum juga jualannya.

Tentang penggunaan Blackberry atau Whatsapp atau lainnya, biasanya untuk memudahkan pembeli menanyakan ketersediaan produk dgn gambar, screen shot bukti transfer dan resi pengiriman, kalau anda ga niat beli atau beli hanya 1 tapi minta dikirimkan koleksi semua gambarnya ke BB chat anda, adalah hal yang sangat menguras energi seller .. kasian kan, yang dilayani bukan cuma anda, kecuali anda mau beli banyak dan grosiran gitu, seller dengan senang hati kasih gambar ke anda. Download gambar dari fanpage atau websitenya lebih enak, dan tanyakan ke seller lewat BB chat/WA .. itulah gunanya seller menggunakan Fanpage/website.

Seller yang memiliki website dengan nama domain sendiri biasanya seller yang serius berjualan produk tersebut, tapi jika berjualan di weblog seperti Blogspot bukan berarti seller tersebut tidak serius, malahan biasanya seller yang agak gaptek (maaf) adalah pemilik produksi langsung atau tangan pertama dari produk tersebut, kegiatan usahanya lebih di prioritaskan untuk produksi dan mungkin tidak ada waktu untuk soal teknis bikin website dan display produk online, biasanya disini anda malahan bisa mendapatkan harga lebih murah.

Tapi ada juga yang menggunakan weblog gratisan seperti blogspot untuk tipu-tipu karena mendaftar dan membuat display barang di weblog seperti ini sangat mudah, jadi lihat sosialisasinya atau hubungi dahulu kontak yang ada sebelum order.

Seller yang membangun website atau fanpage cukup lama dengan banyak LIKES dan pengunjungnya, ga akan mempertaruhkan asset itu dengan tidak mengirimkan barang pesanan anda setelah anda bayar. Kalau si seller penipu tentunya ngga akan tahan lama website atau fanpagenya.

Trik lain untuk mengetahui seller ini beneran atau fake, cari di Google nama olshopnya, nomer telepon yang tertulis, nama produk jualannya dll, segala yang pernah ada di internet akan tersimpan di search engine seperti Google untuk jangka waktu yang lama (begitu juga dengan histori kehidupan anda Gambar Tips Berbelanja Online Untuk Pemula )

Seller yang berjualan online targetnya adalah penjualan online dan menawarkan kemudahan mendapatkan barang yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri, kebanyakan mereka tidak ada toko fisik/offline, sistem dropship atau reseller, jadi kalau tidak ada tulisan alamat toko, tidak disuruh “silahkan kunjungi toko kami di jalan bla-bla-bla”, ngga usah lah ngotot mau datang lihat-lihat barang … banyak mall kog kalau mau lihat-lihat ..

Belanja online artinya beli online dengan pemesanan via sms atau telepon atau add to cart di websitenya, dan pembayaran sistem transfer bank, kalau seller tidak menawarkan COD (Cash on Delivery) atau diantar dan dibayar ditempat berarti harus bayar dulu baru barang dikirim.

Jadi jangan memalukan diri sendiri dengan ngotot bilang kemarin beli barang di toko A barang dikirim dulu baru dibayar … ngga ada laaah masss kalau seller berani kirim barang duluan baru nanti dibayar apalagi kalau barusan belanja disana, kecuali olshopnya punya keluarga atau teman sendiri dan satu kota dengan anda itu pun kalau anda pelanggan tetapnya, kalau seller di Jogja dan anda di Medan ongkos pesawat untuk nagih ke Medan jauh lebih mahal daripada harga barang … nalar aja deh (-_-)”7

Soal pengiriman, seller mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi, biasa digunakan JNE, TIKI, Pandu Logistik, WAHANA, DAKOTA, POS, dll. kecuali yang punya armada kurir sendiri, masalah pengiriman dan biayanya di luar kuasa seller. Rate biaya pengiriman bisa di cek di website atau telepon masing-masing ekspedisi kalau tidak percaya dengan rate biaya yang disebutkan seller ke kota anda. Masalah berapa hari sampai, seller akan memperkirakan berdasarkan keterangan hari di masing-masing ekspedisi itu, kalau tertulis 2-3 hari sampai itu adalah pengiriman normal, hari kerja tidak terpotong hari libur, tidak ada gangguan cuaca/bencana alam dan tentunya kalau alamat anda bener …

Kalau lama sekali ngga sampai-sampai, minta no resi pengiriman ke seller, cek no resi di website masing-masing ekspedisi atau telepon agen ekspedisi tersebut di kota anda sampai mana progress pengirimannya. Seller yang baik adalah yang membantu anda menginformasikan no resi, informasi agen ekspedisi di kota anda dan menanyakan tentang pesanan anda sudah terima atau belum jika ada kendala seperti ini.

Soal gambar, namanya juga display online tentunya yang diperlihatkan diusahakan yang sebagus mungkin .. karena pembeli melihatnya di internet, jadi editing gambar pasti ada. Persiapkan diri anda dengan perbedaan barang yang di display di internet dengan barang yang diterima, apalagi kalau harganya jauh lebih murah daripada harga rata2 produk tersebut .. ada harga ada barang, sis …

Jika anda LIKE suatu fanpage berarti anda akan mendapatkan feed setiap ada update dari fanpage itu, termasuk komen-komennya, di home Facebook anda. Sebelum anda teriak “sebeeel menuh2in fb ku gambarnya!!” .. cek dulu apakah anda pernah LIKE fanpage tersebut, kalau pernah … gampang.. tinggal UNLIKE aja.

Kalau masih pengen LIKE tapi fanpagenya keseringan update yang ga penting, bisa diseting dengan klik bagian pinggir postingan di Home FB anda, dan pilih “I don’t wanna see this/ Saya tidak ingin melihat ini” atau “Hide all from .. NAMA PAGE/Sembunyikan semua kiriman dari NAMAPAGE” atau “Berhenti mengikuti NAMAPAGE”.

Bisa juga feed yang muncul karena teman anda LIKE atau komen di fanpage itu, kalau mengganggu banget bisa disembunyikan dengan mengubah setingan teman anda yang ngelike dan komen2 itu.

Arahkan kursor ke nama teman anda itu nanti muncul setingan pertemanan seperti gambar, pilih seting/pengaturan dan uncheck/jangan dicentang tentang “Komentar dan Suka” nya.

Munculnya newsfeed dari Fanpage ini bukan karena ada di Tag oleh fanpage itu, ada notifikasinya sendiri kalau anda di Tag. Jadi ga perlu repot dengan report spam gambar ke FB, ge-er banget sih … anda bukan di tag, tapi dapet feed dari LIKE anda sendiri di Fanpage itu atau newsfeed aktifitas teman anda.

Kalau anda ga suka sama fanpagenya, jangan kayak kamtib yang ngrusui dagangan orang dengan komen-komen ngga enak, kalau anda belum pernah atau tidak pernah punya pengalaman buruk dengan seller tersebut.

Kalau pernah punya pengalaman ga enak atau komplain, ajukan dengan ganteng .. bahasa yang baik mencerminkan sifat anda loh, lagipula kan bisa dibaca semua orang yang LIKE fanpage tersebut, keliatan banget gimana anda tuh nanti .. malu dong, apalagi kalau anda jomblo .. yaah ngga ada yg naksir deh Gambar Tips Berbelanja Online Untuk Pemula .

Kendala pengiriman dan pesanan ngga selalu karena kesalahan seller, jadi lihat baik-baik dulu permasalahnya. Ngedumel boleh, tapi rejeki sudah ada yang atur, kalau sellernya emang ngga baik percaya deh rejekinya juga ga baik, begitu juga dengan anda, jika merusak dagangan orang yang benar-benar dagang, niscaya kalau anda ada usaha pun akan mengalaminya .. he he

Kalau anda masih khawatir dengan keamanan belanja online, belanja lah melalui jasa pihak ketiga yang menyediakan tempat berjualan seperti Tokopedia.com atau BukaLapak.com, dimana pembayaran anda ke seller di simpan pihak ketiga tersebut sampai barang diterima. Jika anda tidak menerima anda bisa memberitahukan kepada pihak ketiga tersebut, jika sampai jangka waktu tertentu tidak direspon oleh seller yang mendisplay dagangannya disana, maka uang anda akan dikembalikan utuh oleh pihak ketiga tsb.

.. jika anda masih saja tidak percaya dengan online shop jangan belanja online .. banyak mall kog

Happy Shopping ^_^

~ Rivermaya

(Sumber : https://www.facebook.com/notes/river-maya/tips-belanja-online-for-dummies/10153598477895122)

 
0 Comment

Troli  

Belum ada produk yang dibeli.

Berat: 0.000 kg
Ongkos Kirim Rp 0
Total Rp 0

Troli Bayar

Latest Posts

  • DENIM DAN JEANS APA BEDANYA ? 2014-03-06 14:10:59 Denim Dan Jeans, Apa Bedanya?   Banyak kita jumpai produk-produk fashion di sekitar kita yang menyebutkan istilah Denim maupun Jeans. Ada...
  • TIPS BERBELANJA ONLINE UNTUK PEMULA 2014-03-06 14:09:14 Bagi anda yang masih awam tentang tata cara berbelanja online di internet, artikel dari teman saya berikut ini mungkin akan sedikit membuka...
  • PENGGUNAAN SPANDEK DALAM DUNIA FASHION 2014-03-06 14:07:49 Setelah mempelajari sekilas tentang sejarah penemuan dan penciptaan spandex , sekarang kita akan mencari tahu keistimewaan spandex, dan mengapa...
  • JENIS JENIS SPANDEK DAN CARA PERAWATANNYA 2014-03-06 14:05:00 Meskipun banyak kita jumpai bahan spandex di sekeliling kita, sejatinya spandex merupakan serat sintetis yang dibuat dari campuran bahan kimia...
  • TIPS MENCUCI BAJU AGAR TIDAK BAU SAAT MUSIM HUJAN 2014-03-06 13:50:57 Musim hujan seringnya menjadi momok ya, Ladies. Selain sedikit menghalangi aktivitas, juga membuat was-was saat Anda mencuci baju. Baju-baju kotor...
View all